BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap alat di laboratorium mempunyai kegunaan-kegunaan tertentu. Semakin lengkap alat-alat praktikum dalam sebuah laboratorium , maka semakin mudah kita meneliti dan mengamati objek observasi.Pengenalan alat dalam praktikum sangat berpengaruh terhadap kemampuan praktikan. Seorang praktikan akan kesulitan untuk memahami setiap kegiatan praktikum kalau belum mengenal alat- alat praktikum itu sendiri.Oleh karena itu, dalam laporan praktikum ini praktikan ingin memperkenalkan setiap alat yang digunakan dalam pengukuran lama penyinaran matahari, suhu udara dan suhu tanah.Dalam laporan ini tidak hanya sebatas memperkenalkan alat-alat praktikum saja akan tetapi membahas secara rinci tentang alat-alat tersebut beserta fungsinya yang tidak lain tujuannya adalah untuk mempermudah praktikan dalam penelitiannya.Praktikan diharapkan untuk memahami kegunaan dari alat-alat praktikum tersebut guna melanjutkan penelitiannya ke observasi yang lebih rumit di mata kulyah agroklimatologi ini.
B. Tujuan Praktikum
Tujuan yang ingin dicapai dalam praktikum ini adalah untuk mengenal alat- alat pengukuran lama penyinaran sinar matahari, suhu udara, suhu tanah dan memahami cara kerjanya masing-masing.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Lama penyinaran surya adalah lamanya surya bersinar cerah sampai
kepermukaan bumi dalam periode satu hari, diukur dalam jam. (WMO, 2006.)
Halangan terhadap sinar matahari kepermukaan bumi terutama awan,aerosols dan kabut. Kecerahan dapat juga terganggu oleh benda-benda penyusun atmosfer lainnya. Lama penyinaran ditulis dalam satuan jam sampai nilai-nilai persepuluhan atau sering ditulis dalam nilai persen perhari.(Anonim, 2007)
Di bidang pertanian suhu udara yang perlu diketahui adalah suhu udara pada ketinggian rendah dan umumnya mengacu pada temperatur yang diukur di ruangan atau sangkar cuaca yang dipasang pada ketinggian 1,5 – 2,0 meter. Suhu seringkali juga diartikan sebagai energi kinetis rata-rata suatu benda. Satuan untuk suhu adalah derajat suhu yang umumnya dinyatakan dengan satuan derajat Celsius (°C) disamping tiga sistem skala lain, yaitu satuan Fahrenheit (F), satuan Reamur (R), dan satuan Kelvin (K).. Sistem Kelvin memiliki sistem skala yang sama dengan skala Celcius, tetapi berbeda pada dasar titik nolnya. Titik nol derajat Kelvin berada pada 273 skala dibawah nol derajat Celsius, sehingga: satuan derajat Kelvin = satuan derajat Celsius – 273 , atau t°K = t°FC– 273 Dalam skala Celsius, titik beku air adalah 0°C dan titik didihnya adalah 100°C, sedangkan pada skala Fahrenheit, titik beku air adaalah 32°F dan titik didihnya sama dengan 212°F, sehingga : t°C = 5/9 ( t°F – 32) (Gunawan Nawawi, Ir., MS, 2007)
Tanah merupakan media utama dimana manusia bisa mendapatkan lahan pangan, sandang, pangan, tambang dan temp[at gilaksanakannya beberapa aktifitas (sunaryo 1998:32).
Tanah terdiri atas hancuran batu-batuan. Sifat-sifat tanah bergantung pada besar kecilnya partikel-partikel yang merupakan komponen-komponen tanah tersebut. Tanah mengandung partikel-partikel mineral, sisa-sisa tanaman dan binatang, air
berbagai gas dan komposisi lainnya yang menjadikan tanah tersebut menjadi
subur, yang menjamin berlangsungnya kehidupan berbagai makhluk di bumi.
Suhu tanah merupakan hasil dari keseluruhan radiasi yang merupakan kombinasi emisi panjang gelombang dan aliran panas dalam tanah. Suhu tanah juga disebut intensitas panas dalam tanah dengan satuan derajat Celcius, derajat Fahrenheit, derajat Kelvin dan lain-lain. Tanah dapat dipandang sebagai campuran antara partikel, mineral dan organic dengan berbagai ukuran dan komposisi. Suhu tanah dapat di ukur dengan menggunakan alat yang dinamakan termometer tanah selubung logam. Suhu tanah ditentukan oleh panas matahari yang menyinari bumi. Intensitas panas tanah dipengaruhi oleh kedudukan permukaan yang menentukan besar sudut datang, letak digaris lintang utara dan selatan dan tinggi dari permukaan laut. Sejumlah sifat tanah juga menentukan suhu tanah antara lain intensitas warna tanah, komposisi, panasienis tanah, kemampuan dan kaar legas tanah. Salah satu fungsi tanah yang terpenting adalah tempat tumbuhnya tanaman. Akar tanaman dalam tanah menyerap kebutuhan utama tumbuhan yaitu air, nitrisi dan oksigen. Udara adalah kumpulan atau campuran gas, yang terbanyak adalah nitrogen dan oksigen. Oksigen sangat penting untuk mendukung kehidupan mahluk hidup dan memungkinkan terjadinya pembakaran bahan baker. Nitrogen merupakan penyubur tanaman. Bakteri menggunakan nitrogen dari udara untuk menyuburkan tanah. Udara juga melindungi bumi dari radiasi berbahaya yang berasal dari ruang angkasa.
BAB III
METODOLOGI PRAKTIKUM
Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum Agroklimatologi ini dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2010 di
Laboratorium Fisika dan Konservasi Tanah
Alat dan Bahan Praktikum
Alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini antara lain : 1. Alat pengukuran lama penyinaran sinar matahari tipe Jordan 2. Kertas pias untuk alat pengukur tipe Jordan 3. Kertas pias untuk alat ukur tipe Campbell Stokes 4. Termometer tanah selubung logam 5. Termometer ruangan dan 6. Waterpass.
Prosedur Kerja
Prosedur yang kita gunakan dalam praktikum Agroklimatologi ini antara lain :
•Disediakan alat percobaan beserta dengan perlengkapanya
•Disediakan kertas pias
•Dipelajari sistem kerja alat
•Dipraktekkan cara kerja alat tersebut oleh praktikan
BAB IV
HASIL PENGAMATAN
Gambar Alat-alat Praktikum
1. Alat pengukur lama penyinaran sinar matahari tipe Jordan
Bagian-bagian Alat Praktikum
a) Alat pengukur lama penyinaran sinar matahari tipe Jordan
1. Tutup silinder Jordan
2. Silinder Jordan
3. Celah sinar
4. Pengatur Inklinasi(kemiringan)
5. Dasar alat
b) Kertas Pias tipe Jordan
1.
Celah sinar
2.
Garis penunjuk waktu ( Garis tebal = 1 jam ; Garis tipis = 10
menit)
c)
Kertas pias tipe Campbell stokes
1.
Garis penunjuk waktu setia 30 menit
2.
Lubang bekas sinar matahari ( lubang tersebut menunjukan bahwa
sinar matahari bersinar sepanjang lubang pada kertas ).
d) Termometer tanah selubung logam
1.
Tutup selubung
2.
Selubung thermometer
3.
Celah pembaca thermometer
4.
Lubang kaca
5.
Ujung selubung
e) Thermometer ruangan
1.
Skala Fahrenheit ( F )
2.
Skala Celcius ( C )
3.
Angka satuan
4.
Air raksa
f) Waterpass
1.
Sebagai acuan posisi kedataran suatu tempat
Fungsi dan Cara Pemasangan
A.
Pengukur lama penyinaran matahari tipe Jordan
Alat ini berfungsi untuk mengukur lama penyinaran matahari. Cara kerja alat ini adalah di pasang di lapangan yang tidak ada tumbuhan atau bangunan yang dapat menghalangi sinar matahari. Alat dipasang sebelum terbit matahari dan di ambil setelah terbenam matahari.
B.
Kertas pias untuk alat tipe Jordan
Berfungsi sebagai penunjuk lama penyinaran matahari. Kertas ini dilengkapi oleh skala berupa garis – garis yang menunjukkan waktu yaitu garis tebal sebagai penunjuk waktu dalam jangka 1 jam dan garis tipis diantara garis tebal menunjukkan jangka waktu 10 menit. kertas ini juga dilengkapi dengan 2 celah sinar.
C.
Kertas pias untuk alat tipe Campbell Stokes
Berfungsi sebagai penunjuk lama penyinaran matahari. Kertas ini dilengkapi oleh skala berupa garis – garis yang menunjukkan waktu yaitu garispanjang sebagai penunjuk waktu dalam jangka 1 jam dan garispendek diantara garis panjang menunjukkan jangka waktu 30 menit.
D.
Waterpass
Berfungsi sebagai pengatur posisi kedataran suatu tempat atau alat
E.
Termometer suhu
Alat ini berfngsi untuk mengukur suhu di suatu tempat ( ruangan ). Cara penggunaannya adalah dengan meletakkan alat tersebut pada tempat atau ruangan yang ingin di ukur suhunya, ka alat tresbut bekerja sendiri dan menujukkan skala / suhu suatu tempat.
F.
Termometer tanah selubung logam
Alat ini berfungsi sebagai pengukur suhu tanah. Cara penggunaannya adalah ditancapkian thermometer tersebut kedalam tanah dan di diamkan sekitar 5 menit, baru kemudian dicabut kembali untuk mengetahui skala yang ditunjukkan oleh alat terhadap suhu tanah tersebut.
BAB V
PEMBAHASAN
Alat-alat praktikum yang digunakan untuk mengetahui lama penyinaran matahari , suhu udara dan suhu tanah sangat penting untuk diketahui oleh para praktikan. Pengetahuan awal dalam peraktikum kali ini adalah mengetahui alat- alat yang digunakan selama proses praktikum sekaligus mempelajari cara kerja dari alat-alat tersebut sehingga nantinya di harapkan para praktikan lebih mengenal
atau
memahami
Ilmu
Agroklimatologi sedangkan defenisi umum Agroklimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk atau prilaku cuaca dan unsur-unsur atmosfir dalam jangka pendek dan jangka panjang ( I NYOMAN SOEMEIABOEDHY dkk,2007:1). Sesuai dengan bahasasn laporan diatas mka kita akan mengulas sedikit tentang penyinaran matahari, suhu udara dan suhu tanah.
A.Penyinaran Matahari
Di bidang pertanian lama penyinaran dan intensitas radiasi matahari merupakan sumber energi baik dalam proses fotosintesa, yaitu dapat merubah air dan CO2 di dalam tanaman menjadi karbohidrat maupun sebagai energi panas yang dapat digunakan pada proses pengeringan hasilhasil pertanian atau lainnya. Lama penyinaran matahari adalah lamanya matahari bersinar cerah sampai permukaan bumi dalam periode satu hari mulai dari terbit sampai terbenam yang dinyatakan dalam satuan waktu, yaitu jam. Lama penyinaran matahari ini seringkali tidak penuh satu hari. Hal ini dapat disebabkan karena sinar matahari terhalang oleh awan, aerosol atau kabut. Intensitas radiasi matahari diartikan sebagai banyaknya atau jumlah energy dari cahaya matahari yang diterima bumi, pada luas tertentu serta jangka waktu tertentu.
B.
Suhu Udara
Udara adalah kumpulan atau campuran gas, yang terbanyak adalah nitrogen dan oksigen. Oksigen sangat penting untuk mendukung kehidupan mahluk hidup dan memungkinkan terjadinya pembakaran bahan baker. Nitrogen merupakan penyubur tanaman. Bakteri menggunakan nitrogen dari udara untuk menyuburkan tanah. Udara juga melindungi bumi dari radiasi berbahaya yang berasal dari ruang angkasa. Suhu udara merupakan keadaan panasnya udara tersebut dalam jangka waktu tertentu. Untuk mengukur suhu udara dalam suatu waktu diperlukan alat yang bernama termometer bola basah dan kering. Thermometer ini akan menyajikan tingkat suhu dalam suatu waktu tersebut sehingga peneliti bisa mengetahui tingkat suhu itu.
C. Suhu Tanah
Suhu tanah dapat dideteksi dengan alat yang disebut thermometer tanah. Suhu tanah ditentukan oleh panas matahari yang menyinari bumi. Intensitas panas tanah dipengaruhi oleh kedudukan permukaan yang menentukan besar sudut datang, letak digaris lintang utara atau selatan dan tinggi dari permukaan laut. Suhu biasanya diamati pada kedalaman 5, 10, 20, 50, dan 100 cm. Untuk keperluan ini telah dibuat termometer sesuai dengan kedalamannya. Pengukuran suhu tanah dilakukan pada tanah yang tertutup oleh rumput maupun tanah yang terbuka. Pengukuran biasanya dilakukan dalam areal stasiun pengamatan. Areal tidak boleh ternaungi dan tergenang air, hal ini harus dihindari. Termometer dilindungi dengan pagar kawat dan dijaga agar tanah disekitarnya tidak terganggu. Prinsip kerja termometer tanah hampir sama dengan termometer biasa, hanya bentuk dan panjangnya berbeda. Pengukuran suhu tanah lebih teliti daripada suhu udara. Perubahannya lambat sesuai dengan sifat kerapatan tanah yang lebih besar daripada udara. Sampai kedalaman 20 cm digunakan termometer air raksa dalam tabung gelas dengan bola ditempatkan pada kedalaman yang diinginkan. Ciri-ciri dari termometer tanah adalah pada bagian skala dilengkungkan.halini dibuat adalah untuk memudahkan dalam pembacaan termometer dan menghindari kesalahan paralaks.
Termometer tanah untuk kedalaman 50 cm dan 100 cm bentuknya berbeda dengan kedalaman lain. Termometer berada dalam tabung gelas yang berisi parafin, kemudian tabung diikat dengan rantai lalu diturunkan dalam selongsong tabung logam ke dalam tanah sampai kedalaman 50 cm atau 100 cm. Pembacaan dilakukan dengan mengangkat termometer dari dalam tabung logam, kemudian dibaca. Adanya parafin memperlambat perubahan suhu ketika termometer terbaca di udara. Termometer tanah pada kedua kedalaman ini bila meruapakan suatu kapiler yang panjang dari mulai permukaan tanah, mudah sekali patah apabila tanah bergerak turun atau pecah karena kekeringan.
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Setelah melakukan praktikum kita bisa mengetahui alat-alat yang digunakan dalam melakukan pengukuran lama penyinaran sinar matahari, suhu udara dan suhu tanah.
Mengetahui cara kerja dari alat-alat yang digunakan selama proses praktikum sehingga praktikan mampu membedakan alat-alat yang dipakai dalam setiap percobaan.
SARANDalam praktikum, diharapkan para praktikan selalu memperhatikan
coordinator yang sedang menjelaskan alat-alat dan cara kerja dari alat-alat tersebut sehinga para praktikan dapat dengan mudah melakukan pengukuran lama sinar matahari, suhu udara dan suhu tanah
DAFTAR PUSTAKA
WMO, 2006. Guide to Agricultural Meteorological Practises. WMO. No
134, TP 61. Sec. World Met. Org. Geneva, Switzerland
Anonim, 2007. Matahari dan Alam. Bina Aksara. Jakarta
Sunaryo, 2008. tanah Gambut dan Solusinya.Pustaka Ilmu. Tangerang
Gunawan Nawawi, Ir., MS. 2007. PENGANTAR KLIMATOLOGI
PERTANIAN Dinas Pendidikan. Jakarta
http://meteorologiamg.blogspot.com/2010/05/suhu-udara.html
http://teknologibenih.blogspot.com/2009/10/pengukuran-suhu-tanah.html
Senin, 28 Maret 2011
Keterkaitan Penyuluhan dengan Pertanian
Kaitan antara kemiskinan dan petani terlihat cukup erat. Di negeri ini suasana hidup miskin memang masih terlihat melekat kuat dalam citra diri petani. Petani bukan saja terjerat oleh kemiskinan yang bersifat alamiah, namun jika dilihat dari penguasaan terhadap sumber daya yang ada, mereka pun tetap terjebak dalam kondisi kemiskinan struktural.
Akhir-akhir ini sering terdengar bahwa Pemerintah sedang ramai membahas rencana Undang Undang Sistem Penyuluhan Pertanian. Sistem penyuluhan pertanian memang penting untuk untuk dikemas dalam suatu Undang Undang. Pertama, karena penyuluhan pertanian adalah proses sebuah pemberdayaan dan pemartabatan petani, dimana di dalamnya terkandung nilai-nilai kehidupan yang sarat dengan pesan moral. Kedua, karena penyuluhan pertanian yang selama ini kita lakukan, memang terbukti mampu menghantarkan petani, bahkan bangsa Indonesia secara keseluruhan menjadi lebih terhormat.
Mengingat bahwa penyuluhan merupakan kegiatan pendidikan non formal dan bahwa pendidikan merupakan proses yang diharapkan membawa kepada perubahan perilaku yang diinginkan, karenanya diperlukan beragam cara untuk menciptakan situasi belajar yang baik. Cara-cara menciptakan situasi belajar tersebut secara populer disebut dengan metode penyuluhan. Metode-metode penyuluhan ini merupakan pendekatan dasar untuk melakukan pendekatan, mendorong dan mempengaruhi anggota masyarakat petani untuk belajar (Leagans 1960; Dahama dan Bhatnagar 1980)
Pemberdayaan masyarakat sebenarnya sangat erat hubungannya dengan empowerwnent. Pendekatan pemberdayaan masyarakat titik beratnya adalah penekanan pada pentingnya masyarakat lokal yang mandiri sebagai suatu sistem yang mengorganisir diri mereka sendiri. Pendekatan pemberdayaan masyarakat yang demikian diharapkan dapat memberi peranan kepada individu, bukan sebagai objek, tetapi justru sebagai subjek pelaku pembangunan yang ikut menentukan masa depan dan kehidupan masyarakat secara umum.
Pada masa pembangunan seperti sekarang ini, pandangan, perhatian dan pemeliharaan terhadap para petani di pedesaan sudah semestinya diperhatikan. Kenyataannya kehidupan para petani di pedesaan tingkat kesejahteraannya masih rendah. Mereka buta akan pendidikan, teknologi, sehingga produksi yang mereka lakukan kurang maksimal. Petani di desa sangat menginginkan perubahan. Para petani di desa tidak dapat melakukan perubahan karena terbentur pada keadaan mereka sendiri, mereka kurang menguasai ilmu-ilmu yang dapat memajukan hasil tani mereka. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Entang Sastraatmadja, (1993: 6), bahwa melalui kegiatan penyuluhan pertanian maka diharapkan dapat dihilangkan terjadinya kelaparan dan kemiskinan di Indonesia.
Pada masa pembangunan seperti sekarang ini, pemerintah sangat memperhatikan pendidikan bagi mereka. Pendidikan yang cocok bagi mereka adalah pendidikan non formal yang praktis, mudah diterapkan dalam usaha-usaha produksi produk pertanian. Untuk menumbuhkan kemandirian dan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mereka yang selama ini kurang berdaya diperlukan adanya seorang pekerja masyarakat. Seorang pekerja masyarakat ini bisa disebut juga sebagai penyuluh.
Peranan penyuluhan dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu: 1) menyadarkan masyarakat atas peluang yang ada untuk merencanakan hingga menikmati hasil pembangunan, 2) memberikan kemampuan masyarakat untuk menentukan program pembangunan, 3) memberi kemampuan masyarakat dalam mengontrol masa depannya sendiri, dan 4) memberi kemampuan dalam menguasai lingkungan sosialnya.
Menurut Tonny (2003), peran seorang pekerja pengembangan masyarakat dapat dikategorikan ke dalam empat peran, yaitu : (1) peran fasilitator (Facilitative Roles), (2) peran pendidik (Educational Roles), (3) peran utusan atau wakil (Representasional Roles), (4) peran teknikal (Technical Roles). Peranan fasilitator yang dilakukan oleh pekerja pengembangan masyarakat antara lain sebagai orang yang mampu membantu masyarakat agar masyarakat mau berpartisipasi dalam kegiatan bertani, orang yang mampu mendengar dan memahami aspirasi masyarakat, mampu memberikan dukungan, mampu memberikan fasilitas kepada masyarakat.
Seorang penyuluh juga harus mampu dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat tani. Memberikan proses belajar yang terus menerus agar menumbuhkan kesadara. Penyuluh juga memberikan informasi, dan memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Funfsi lain adalah untuk mengembangkan masyarakat, penyuluhan berperan sebagai utusan atau wakil yang berkaitan dengan interaksi pekerja pengembangan masyarakat melalui penggunaan media, hubungan masyarakat, jaringan antara pekerja pengembangan masyarakat dan pekerja yang relevan, dan berbagi pengalaman dan pengetahuan baik secara formal maupun informal antara pekerja pengembangan masyarakat dan antara masyarakat.
Fungsi penyuluhan lainnya adalah menjembatani kesenjangan antara praktek yang biasa dijalankan oleh para petani dengan pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang menjadi kebutuhan para petani tersebut. Fungsi penyuluhan dapat dianggap sebagai penyampai dan penyesuaian program nasional dan regional agar dapat diikuti dan dilaksanakan oleh petani, sehingga program-program masyarakat petani yang disusun dengan itikad baik akan berhasil dan mendapat partisipasi masyarakat
Fungsi penyuluhan yang terakhir adalah fungsi pemberian pendidikan dan bimbingan yang berkelanjutan, yang artinya penyuluhan tidak akan berhenti begitu saja ketika mengetahui bahwa petani di tempat mereka berikan pendidikan, ternyata telah dapat melakukan perubahan. Namun, penyuluh tetap membantu mereka ke arah yang lebih baik lagi.
Akhir-akhir ini sering terdengar bahwa Pemerintah sedang ramai membahas rencana Undang Undang Sistem Penyuluhan Pertanian. Sistem penyuluhan pertanian memang penting untuk untuk dikemas dalam suatu Undang Undang. Pertama, karena penyuluhan pertanian adalah proses sebuah pemberdayaan dan pemartabatan petani, dimana di dalamnya terkandung nilai-nilai kehidupan yang sarat dengan pesan moral. Kedua, karena penyuluhan pertanian yang selama ini kita lakukan, memang terbukti mampu menghantarkan petani, bahkan bangsa Indonesia secara keseluruhan menjadi lebih terhormat.
Mengingat bahwa penyuluhan merupakan kegiatan pendidikan non formal dan bahwa pendidikan merupakan proses yang diharapkan membawa kepada perubahan perilaku yang diinginkan, karenanya diperlukan beragam cara untuk menciptakan situasi belajar yang baik. Cara-cara menciptakan situasi belajar tersebut secara populer disebut dengan metode penyuluhan. Metode-metode penyuluhan ini merupakan pendekatan dasar untuk melakukan pendekatan, mendorong dan mempengaruhi anggota masyarakat petani untuk belajar (Leagans 1960; Dahama dan Bhatnagar 1980)
Pemberdayaan masyarakat sebenarnya sangat erat hubungannya dengan empowerwnent. Pendekatan pemberdayaan masyarakat titik beratnya adalah penekanan pada pentingnya masyarakat lokal yang mandiri sebagai suatu sistem yang mengorganisir diri mereka sendiri. Pendekatan pemberdayaan masyarakat yang demikian diharapkan dapat memberi peranan kepada individu, bukan sebagai objek, tetapi justru sebagai subjek pelaku pembangunan yang ikut menentukan masa depan dan kehidupan masyarakat secara umum.
Pada masa pembangunan seperti sekarang ini, pandangan, perhatian dan pemeliharaan terhadap para petani di pedesaan sudah semestinya diperhatikan. Kenyataannya kehidupan para petani di pedesaan tingkat kesejahteraannya masih rendah. Mereka buta akan pendidikan, teknologi, sehingga produksi yang mereka lakukan kurang maksimal. Petani di desa sangat menginginkan perubahan. Para petani di desa tidak dapat melakukan perubahan karena terbentur pada keadaan mereka sendiri, mereka kurang menguasai ilmu-ilmu yang dapat memajukan hasil tani mereka. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Entang Sastraatmadja, (1993: 6), bahwa melalui kegiatan penyuluhan pertanian maka diharapkan dapat dihilangkan terjadinya kelaparan dan kemiskinan di Indonesia.
Pada masa pembangunan seperti sekarang ini, pemerintah sangat memperhatikan pendidikan bagi mereka. Pendidikan yang cocok bagi mereka adalah pendidikan non formal yang praktis, mudah diterapkan dalam usaha-usaha produksi produk pertanian. Untuk menumbuhkan kemandirian dan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mereka yang selama ini kurang berdaya diperlukan adanya seorang pekerja masyarakat. Seorang pekerja masyarakat ini bisa disebut juga sebagai penyuluh.
Peranan penyuluhan dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu: 1) menyadarkan masyarakat atas peluang yang ada untuk merencanakan hingga menikmati hasil pembangunan, 2) memberikan kemampuan masyarakat untuk menentukan program pembangunan, 3) memberi kemampuan masyarakat dalam mengontrol masa depannya sendiri, dan 4) memberi kemampuan dalam menguasai lingkungan sosialnya.
Menurut Tonny (2003), peran seorang pekerja pengembangan masyarakat dapat dikategorikan ke dalam empat peran, yaitu : (1) peran fasilitator (Facilitative Roles), (2) peran pendidik (Educational Roles), (3) peran utusan atau wakil (Representasional Roles), (4) peran teknikal (Technical Roles). Peranan fasilitator yang dilakukan oleh pekerja pengembangan masyarakat antara lain sebagai orang yang mampu membantu masyarakat agar masyarakat mau berpartisipasi dalam kegiatan bertani, orang yang mampu mendengar dan memahami aspirasi masyarakat, mampu memberikan dukungan, mampu memberikan fasilitas kepada masyarakat.
Seorang penyuluh juga harus mampu dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat tani. Memberikan proses belajar yang terus menerus agar menumbuhkan kesadara. Penyuluh juga memberikan informasi, dan memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Funfsi lain adalah untuk mengembangkan masyarakat, penyuluhan berperan sebagai utusan atau wakil yang berkaitan dengan interaksi pekerja pengembangan masyarakat melalui penggunaan media, hubungan masyarakat, jaringan antara pekerja pengembangan masyarakat dan pekerja yang relevan, dan berbagi pengalaman dan pengetahuan baik secara formal maupun informal antara pekerja pengembangan masyarakat dan antara masyarakat.
Fungsi penyuluhan lainnya adalah menjembatani kesenjangan antara praktek yang biasa dijalankan oleh para petani dengan pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang menjadi kebutuhan para petani tersebut. Fungsi penyuluhan dapat dianggap sebagai penyampai dan penyesuaian program nasional dan regional agar dapat diikuti dan dilaksanakan oleh petani, sehingga program-program masyarakat petani yang disusun dengan itikad baik akan berhasil dan mendapat partisipasi masyarakat
Fungsi penyuluhan yang terakhir adalah fungsi pemberian pendidikan dan bimbingan yang berkelanjutan, yang artinya penyuluhan tidak akan berhenti begitu saja ketika mengetahui bahwa petani di tempat mereka berikan pendidikan, ternyata telah dapat melakukan perubahan. Namun, penyuluh tetap membantu mereka ke arah yang lebih baik lagi.
guest book >.
I was find my guardian angel
ittteeeemmm.....
About Me
- naftalena
- sidoarjo, jatim, Indonesia
- cewek luuuu-thu imoet rambut pendek punya lesung pipi pinter skul at smanivda motto= get redy 4 big fight easy going suka baca tetralogi atow trilogi paling gag suka sama orang plin plan n gag punya kepribadian udah gag percaya lagi sama yang namanya sahabat lebih suka berteman baik daripada bersahabat nge-fans sama Isaac newton suka banget sama yang namanya boneka tazmania sama samurai X
my familly
keluarga..............???
menurut aq keluarga itu " it's Very important "
Eventhough, My familly isn't big familly , but I feel happy
keluarga tuw penting cz' hanya keluargalah yang slu' memberikan dorongan n' semangat di saat qt membutuhkan
pkok'na kluarga , always be number 1 in my list
menurut aq keluarga itu " it's Very important "
Eventhough, My familly isn't big familly , but I feel happy
keluarga tuw penting cz' hanya keluargalah yang slu' memberikan dorongan n' semangat di saat qt membutuhkan
pkok'na kluarga , always be number 1 in my list
my family
KenAnGaN
14 september 2007
hari ini aq bener2 mengerti apa yang namanya pentingnya hidup iny,
Satu pelajaran yang bener bener bwt aq bener2 sadar bahwa semua org di sekeliling aq bener2 sayang sm aq,
hari itu tanggal 13 agustus '09 ,
hari pertama aq mengalami musibah dalam kehidupan aq, Hari itu tepat pkl 10 pm dan aq meluncur bersama kakakaq diatas jalan raya, diatas kesenangan dan kegembiraan, diats ke-khilafan q, dan Tuhan menegurku , BRAAAKK ....!!!
Aq kehilangan kesadaranq, aq bener2 dalam ketidak sadaranku dan mulai mengulang memori memori yang sebelumnya, setelah susah payah meraih kesadaranku kembali, aq menemukan kedua ortu dg mata letihnya yang menjagaku dan mengalirkan semua doa untukku,
aq mendapati diriku dalan keadaan patah pada tulang klavikulaku, tapi dengan semua doa dari orang yang bner2 sayang sam aq, aq sembuh,
aq percaya tuhan gag pernah memberikan cobaan diatas kemampuan hambanya.
siapapun kalian, dimanapun kalian, kemanapun kalian, dan sesedih apapun kalian hanya SATU sahabat kalian ,hanya SATU penolong kalin, Dia adalah ALLAH SWT,
tempat pencurahan paling sempurna adalah Tuhan
cz of that
just trust me
God always bless U
hari ini aq bener2 mengerti apa yang namanya pentingnya hidup iny,
Satu pelajaran yang bener bener bwt aq bener2 sadar bahwa semua org di sekeliling aq bener2 sayang sm aq,
hari itu tanggal 13 agustus '09 ,
hari pertama aq mengalami musibah dalam kehidupan aq, Hari itu tepat pkl 10 pm dan aq meluncur bersama kakakaq diatas jalan raya, diatas kesenangan dan kegembiraan, diats ke-khilafan q, dan Tuhan menegurku , BRAAAKK ....!!!
Aq kehilangan kesadaranq, aq bener2 dalam ketidak sadaranku dan mulai mengulang memori memori yang sebelumnya, setelah susah payah meraih kesadaranku kembali, aq menemukan kedua ortu dg mata letihnya yang menjagaku dan mengalirkan semua doa untukku,
aq mendapati diriku dalan keadaan patah pada tulang klavikulaku, tapi dengan semua doa dari orang yang bner2 sayang sam aq, aq sembuh,
aq percaya tuhan gag pernah memberikan cobaan diatas kemampuan hambanya.
siapapun kalian, dimanapun kalian, kemanapun kalian, dan sesedih apapun kalian hanya SATU sahabat kalian ,hanya SATU penolong kalin, Dia adalah ALLAH SWT,
tempat pencurahan paling sempurna adalah Tuhan
cz of that
just trust me
God always bless U
global warming
Pemanasan global
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Temperatur rata-rata global 1850 sampai 2006 relatif terhadap 1961–1990
Anomali temperatur permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada temperatur rata-rata dari 1940 sampai 1980
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu dikarenakan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Temperatur rata-rata global 1850 sampai 2006 relatif terhadap 1961–1990
Anomali temperatur permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada temperatur rata-rata dari 1940 sampai 1980
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu dikarenakan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
temen yangbisa aq percaya
pengibaran wuich seru boo???
ny pengalaman yang paling mendebarkan bwt q,
ktemu sama pak cmat, makan gratiss sm tmen2, dapt hadiah pula
huwahahahah
pkoknya seru duech pkoknya kalian yang lom ikt paskibra
cobain dueh
DIJAMIN bisa brubah 180 drjt tambah disiplin boooo
tiap yanggal 17 agustus
kita merasakan besarnya perjuangan para pahlawan kita tempo dulu
pkoknya keren dee
tapi banyak yg bilang ikt paskb ntr item, gag cantik lah ato apa kek, guyzzz ituw semua adlh bualan org2 kuper yang g brpengetahuan
okkkk
pkoknya mulai skrrng let's join with PASKIBRA